KETIKA CINTA DATANG MENGGODA


Oleh: Henrina

pendahuluan

Begitu banyak cerita, ada suka ada duka, namun yang ku tulis bukan cinta biasa ?? mereka yang sedang dilanda ‘virus’ cinta, hampir setiap hari bersenandung melantunkan lagu-lagu kesukaannya mulai dari lagu padi yang judulnya semua tak sama sampe lagu jika-nya Melly. Sekali waktu ia juga melantunkan lagu balonku ada lima dengan cengkok arab dalam versi qasidah.
( jangan-jangan kesemsem sama orang arab ni ?)
Cinta itu membuat segalanya berubah. Mereka yang tadinya pendiam bisa menjadi penyanyi dadakan. Yang okem juga tiba-tiba berubah menata perilakunya. Jangan heran binti kaget kalau meliat temenmu tiba-tiba menjadi kinclong ( panici kali ya? ). Padahal sebelumnya terkenal dengan atribut 4K; kusut, kummel, kucel, dan terakhir kutuan lagi. Hiii jijay deh. Kebayang kan drastis banget perubahannya ?. api cinta memang nggak pernah ada matinya. Sampe kamupun nggak nyadar apakah cintamu terbalas atau malah bablas. Pengennya tersambut malah tersumbat. Coba, gimana nggak hancur hati ini. Makanya kudu mikir-mikir dulu deh untuk mengucapkan kata love ini pada seseorang yang kamu sukai. Jangan sampe uang bayaran SPP jadi kepake Cuma untuk mendapat perhatian si dia. Waktu luang yang seharusnya digunakan umtuk hal-hal yang bermanfaat kamu gunakan untuk menuggu si dia yang belum tentu menepati janji.
Buat kamu para ikhwan harus hati-hati. Para akhwat tidak selamaya tertarik hanya dengan penampilan. Lagian jarang deh yang ngerti rahasi hati para akhwat. Jadi jangan kejebak ya ? soalnya wanita itu kalau dikatakan padanya aku cinta kamu, atau diberi perhatian yang lebih sebagai bukti kalau sedang dicintai seperti burung merpati. Pura-pura acuh tapi mau. Coba saja kalau diperhatikan malah buang muka. Sebaliknya nggak diperhatikan pasang tampang yang manis banget. Makanya jangan salah-salah amat kalau di film Titanic, mantan pacarnya Jack Dawson ketika ditanya tim ekspedisi pencarian Titanic tentang kenapa baru bilang sekarang soal kalung mutiara itu dan kisah-kisah dengan jack Dawson, dia bilang “ Rahasia hati wanita itu sedalam samudera”. Sulit ditebak.


And then, kebayang nggak sih dampak yang kamu peroleh dari virus merah jambu ini. Kalau cintanya yang bersambut sih nggak masalah. Justru hari-harinya selalu bahagia. Hidupnya lebih berwarna. Sepahit apapun jamu yang kamu rasakan tetap saja manis. sebau apapun tahi ayam rasanya seperti cokelat.
Tapi bagi kamu yang cintanya bertepuk sebelah tangan bagai mimpi disiang bolong. Sedih tiada akhir. Bagaimana tidak, orang yang selama ini kamu kagumi dan selalu menghiasi mimpi dikala tidur bahkan kamu simpan baik-baik dalam hati putihmu. Tapi tiba-tiba saja ia pindah kelain hati. Sakit baget rasanya.hidup menjadi tak bergairah. IPK dah mulai nggak karu-karuan. Itulah cinta bisa membuatmu ceria, berbunga, mulia, bahkan bisa mengajakmu ke surga. Tapi tak sedikit yang bisa membuatmu merana, kecewa, terlena, dan hati buta.
Stay cool aja ya ?

Harus itu !! meski hurufnya Cuma lima yaitu C-I-N-T-A tapi energinya melebihi semua huruf abjad yang ada. Dampaknya juga luar biasa. Kekuatannya bisa mencairkan hati dari kebekuan. Menerangi hati setelah kelam, juga bisa menguatkan jiwa dari kerapuhan. Fantastis bukan ? karena cinta itu hadirnya kayak lirik lagu yang mengawali setiap penayangan sinetron Disini Ada Setan ” Kau tahu….kurasa hadirmu antara ada dan tiada”, makanya nyikapinya juga jangan berlebihan deh. Apalagi didramatisasi.
Tetap gunakan akal sehatmu. Jangan sampe ketika cinta datang menggoda, baik disadari atau tidak kamu memanfaatkan perasaan itu sangat nggak bijak, bahkan cenderung hawa nafsu yang berbicara. Misalnya kamu sudah berkerudung rapi, karena merasa terganggu sama keberadaan si dia ( baca: suka ), kerudung kamu dibuat gaul untuk menca-cari perhatiannya. Karena si dia nggak juga merespon, aksimu malah buka kerudung. Berdandan semenor mungkin. Sang Arjuna juga nggak mau kalah , karena yang dikecenginnya wanita cantik, anggun, dan berjilbab pula, kamu buru-buru manjangin jenggot biar dibilang ikhwan. Maksud hati biar wanitanya melirik makanya manjangin jenggot. Alih-alih biar dibilang laki-laki sholeh tapi malah salah. Berjenggot sih boleh saja tapi kalau telinga diberi anti-antig, dus hidung di tindik, orang bisa nyangka yang bukan-bukan, ini kambing seperti sapi atau sapi yang kayak kambing.
Percuma saja tampilan ikhwan tapi sholat nggak pernah, merit kartu gaple malah sering. Jujur saja itu nafsu apa akal sehat. Makanya kamu juga harus tahu kalau perubahan yang kamu lakukan bukan semata-mata untuk I dia. Itu sih murahan.

Tak tergesa-gesa ungkapkan cinta
Perasaan menyukai seseorang itu sulit kamu sembunyikan tapi kamu juga harus punya wawasan tentang cinta, wujud dari cinta itu sendiri, dan dampak dari cinta bila tak terpenuhi dengan benar. Jangan buru-buru ungkapkan cinta. Pelajari sedetail-detailnya tentang cinta. Apalagi kalau kamu sampai tentang sejatinya cinta. Salut deh buat kamu.

Mencari cinta hakiki

Karena cinta itu memang sudah dari sononya, susuh di hilangin. Paling nggak kamu juga harus tahu kepada siapa cinta itu berhak kamu labuhkan. Jangan asal seruduk ( kayak banteng aja ). Kasus aborsi dan penyakit menular seksual sebagai bukti kalau fenomena ini terjadi bukan tidak di awali dengan rasa cinta saja. Tapi pengetahuan kamu tantang cinta sejati sangat minim. Sementara dalam diri kamu bersemayam keinginan untuk mewujudkan cinta. Gaswat banget khan kalau itu menimpa dirimu atau keluargamu.
Yupzz,, mencintai dan dicintai, adalah salah satu bukti Allah menciptakan rasa itu. Kata kang Doel Some-bang, “ Cinta itu anugerah maka berbahagialah sebab kita sengsara bila tak punya cinta ”. sayangnya, nggak banyak yang tahu apa itu cinta, lebih sedikit yang mencari tahu tentang hakikat-nya. Banyak orang memberi definisi, tapi kalimatnya susah kita pahami.
Berbahagialah kita karena Rasulullah sang pembawa risalah memberikan tuntunan yang membimbing dan mengajarkan kepada kita tentang arti cinta yang hakiki. Allah berfirman : katakanlah “ jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yamg kamu khwatiri kerugiannya. Dan rumah-rumah tempat tingggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari pada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusun-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk bagi orang –orang fasik ”.( QS. At-Taubah [19] : 24 )
Jadi. Nggak usah bingung bin gelisah kepada siapa kamu berikan cinta ini. Islam punya jawaban tentang rasa ini. Tidak mengekang dan tidak juga membebaskan tanpa batas. Boleh saja kamu curahkan perasaan cintamu pada orang-orang disekitarmu. Tapi kamu juga harus bisamenempatkan rasa itu dengan wajar. Jangan berlebihan. Karena hakikatnya cinta itu hanya pada Allah saja, jangan pernah deh untuk bela-belain berbuat nekat, maksiat lagi. Cukup Allah dan Rasul-Nya saja cinta sejati ini kamu berikan, di jamin nggak salah alamat dus bertepuk dua tangan. Kita boleh memelihara cinta kepada lawan jenis. Syaratnya, tetap ngikut semua aturan Allah dan Rasul-Nya. Itu semua sebagai bukti bahwa kita juga cinta kepada Allah dan Rasul-Nya yamh telah memberikan aturan buat kita semua.

Tips menyikapi cinta

Heyy…heyy, masih pada bacakan?? Biar tambah keren, kayaknya kamu juga mesti tahu deh beberapa tips untuk menyikapi rasa cinta.
Pertama. Be silent, sikapi dirimu dengan tenang. Ini penting lho. Kalau gayung bersambut sih it’s oke, gimana kalau bertepuk sebelah tangan ?? tapi ingat-ingat lho ? semua itu harus sesuai dengan aturan Allah dan Rasul-Nya. Nggak boleh menerapkan aturan sendiri, buat yang sudah siap menikah ( kayaknya nggak ada ya ?.hehehe), silahkan langsung ke penghulu. Buat yang belum siap jangan nekat.
Kedua. Waspada. Cinta itu bisa berwujud bunga bahkan nggak sedikit yang berwujud api. Hati-hati menggunakannya, eh, hati-hati menyikapinya.
Ketiga. Tidak mudah tergoda. Nah kalau yang ini harus ngakar pada diri kamu. Gunakan akal sehat dan taati syariat.
Keempat. Tanyakan pada yang ngerti. Ini jurus yang nggak boleh kamu lupa. Kalau belum ngerti juga tanyakan pada mbah nya yang ngerti.
Kelima . cari ilmunya. Benar kata Imam Malik, “ ilmu itu harus didatangi bukan mendatangi ”. bagaimana kamu bisa meraih cintanNya sementara kamu malas mencarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar